- Tanggal Posting:
- Kategori:
Loker MagangLoker Magang - Pendidikan:
D3, S1 - Penempatan:
Jakarta Selatan, Seluruh Indonesia
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Berikut ini adalah Lowongan Kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Melamar Kerja, Sebelum Anda melamar pekerjaan baik secara online maupun datang langsung ke perusahaan yang ingin dilamar, Anda tentunya harus menyiapkan berkas persyaratan terlebih dahulu. Dengan memahami cara melamar pekerjaan yang benar, peluang untuk diterima juga semakin tinggi.
Tidak hanya persiapan dokumen saja, Anda juga harus menyiapkan mental untuk menghadapi serangkaian tahapan seleksi untuk bisa diterima di perusahaan tersebut. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara melamar kerja.
Cara Melamar Pekerjaan yang Baik dan Benar, Bagi Anda yang akan melamar pekerjaan, Anda pasti berharap agar bisa diterima, bukan? Untuk membuat HRD terkesan, Anda harus memiliki strategi yang baik. Berikut ini cara melamar pekerjaan yang baik dan benar agar peluang Anda untuk diterima semakin tinggi.
Satu: Cari Informasi Tentang Perusahaan, Dua: Siapkan Dokumen Persyaratan yang Dibutuhkan, Tiga: Gunakan Alamat Email yang Benar, Empat: Pilih Divisi atau Bidang Pekerjaan yang Sama, Lima: Jangan Terlalu Sering Berganti Pekerjaan. Sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jangan lupa persiapkan fisik dan mental Anda dalam mengikuti setiap tahapan seleksi pekerjaan.
Lowongan Kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan kesempatan untuk dapat bergabung bersama dengan posisi sebagai berikut:
PROGRAM MAGANG DI LINGKUNGAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI TAHUN 2024
Dalam rangka memberikan kesempatan pembelajaran melalui pelibatan pelaksaan tugas dan fungsi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, KPK membuka program magang bagi mahasiswa tingkat akhir perguruan tinggi yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan ditempatkan pada unit kerja sebagai berikut:
1. Biro Hubungan Masyarakat
- Bagian/Bidang/Satuan Tugas
- Bagian Diseminasi dan Publikasi
- Membantu dalam proses produksi audio visual untuk penulisan konsep story board/Naskah cerita;
- Melaksanakan kegiatan pendokumentasian kegiatan-kegiatan kelembagaan KPK
- Membantu dalam proses perapian data dokumentasi (audio visual/ foto) ke dalam media penyimpanan yang dikelola oleh Biro Humas.
- Jumlah Kebutuhan:2 Orang
- Program Studi:S1 Ilmu Komunikasi
- Bagian Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik
- Analisis Ads untuk media sosial;
- Analisis konten media sosial;
- Penyusunan konten aktivasi di media sosial;
- Rekapitulasi konten media sosial.
- Jumlah Kebutuhan:2 Orang
- Program Studi:S1 Ilmu Komunikasi
- Bagian Pemberitaan
- Membantu dalam penulisan peliputan kegiatan KPK;
- Membantu dalam penulisan feature atau opini;
- Membantu dalam kegiatan monitoring dan analisis pemberitaan.
- Jumlah Kebutuhan:2 Orang
- Program Studi:S1 Ilmu Komunikasi
2. Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara
- Bagian/Bidang/Satuan Tugas
Membantu Direktorat PP LHKPN dalam melaksanakan proses pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN, diantaranya
-
- Membantu dalam proses pengelolaan dokumen LHKPN;
- Membantu dalam proses verifikasi LHKPN;
- Mendukung kegiatan sosialisasi perihal pelaporan LHKPN;
- Membantu proses dokumentasi hasil pemeriksaan LHKPN.
- Jumlah Kebutuhan:15 Orang
- Program Studi:S1 Ekonomi/ Akuntasi/Teknik Informatika/ Matematika/ Multimedia
3. Direktorat Manajemen Informasi
- Bagian/Bidang/Satuan Tugas
-
- Pembuatan usulan Design System KPK
- Inventarisasi aset desain: Mengidentifikasi semua elemen desain yang ada, seperti logo, warna, tipografi, ikon, dan komponen UI;
- Analisis kebutuhan pengguna: Memahami kebutuhan dan ekspektasi pengguna terhadap desain produk;
- Analisis kebutuhan bisnis: Memahami tujuan bisnis dan bagaimana design system dapat membantu mencapainya;
- Membuat komponen UI: membangun komponen UI dasar yang dapat digunakan kembali, seperti tombol, input field, dan menu;
- Menentukan gaya desain: menentukan gaya desain yang konsisten untuk semua produk dan platform;
- Membuat panduan gaya: mendokumentasikan gaya desain dan cara penggunaannya dalam panduan gaya yang mudah diakses.
-
Pembuatan usulan implementasi Satu Portal KPK
a. Memandu pengembangan produk TI
-
Evaluasi fungsionalitas dan kinerja produk TI berdasarkan umpan balik pasar;
- Mengusulkan penyempurnaan dan/atau penyempurnaan produk TI berdasarkan masukan pasar
-
- b. Mengembangkan bisnis
- 1.Analisis riset pasar untuk menentukan kebutuhan pasar dari produk TI saat ini dan masa depan;
- 2.Membuat draft roadmap fitur berdasarkan peluang bisnis dan riset pasar;
- 3.Menghasilkan ide-ide inovatif untuk menumbuhkan pangsa pasar dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
- c.Mengembangkan UI/UX Design pada Produk TI.
- Jumlah Kebutuhan:4 Orang
- Program Studi:S1 Administrasi Bisnis/ Pemasaran/ Teknik Informatika/ Sistem Informasi
- Pembuatan usulan Design System KPK
- Menyusun summary rekomendasi laporan pemeliharaan tool patch management 2023/2024;
- Membuat persentase rekomendasi yang sudah dijalankan dari tools synopsys;
- Mengumpulkan data serangan tools honeypot;
- Mengumpulkan data aktivitas anomali pada log PAM untuk bahan postur keamanan.
- Jumlah Kebutuhan:2 Orang
- Program Studi:S1 Ilmu Komputer/ Teknik Informatika
- Melakukan administrasi aset TIK;b.Mendukung kegiatan operasional Layanan TIK.
Jumlah Kebutuhan:1 OrangProgram Studi:S1 Administrasi
- Mendukung kegiatan SMKI
- Mendukung kegiatan SPBE;
- Mendukung kegiatan Penyusunan Cetak Biru Transformasi Digital.
- Jumlah Kebutuhan:1 Orang
- Program Studi:S1 Ilmu Komputer/ Informatika (peminatan atau kompetensi di bidang SPBE, Enterprise Architecture/ IT Governance/ Tata Kelola Pemerintahan/ IT BluePrint SMKI/ Transformasi Digital/ Manajemen Risiko)
4. Biro Sumber Daya Manusia
- Bagian/Bidang/Satuan Tugas
- Bagian Pelayanan Kepegawaian
- Pengelolaan Ruang Arsip & berkas kepegawaian;
- Pengelolaan Administrasi Aplikasi Kepegawaian SDM.
- Jumlah Kebutuhan:4 Orang
- Program Studi:D3/S1 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu Kearsipan/ Manajemen Rekod dan Arsip/ Sistem Informasi/ Teknik Informatika
- Bagian Perencanaan dan Pengembangan SDM
- Pengelolaan arsip softfile seluruh kegiatan.
- Jumlah Kebutuhan:3 Orang
- Program Studi:D3/S1 Administrasi/ Teknik Informatika
- Pengelolaan arsip softfile seluruh kegiatan.
5. Biro Umum
- Bagian/Bidang/Satuan Tugas
- Bagian Kearsipan dan Administrasi Perkantoran
- Kegiatan pengaturan fisik arsip inaktif pada unit kearsipan diawali kegiatan pemeriksaan dan verifikasi arsip yang dipindahkan untuk memastikan kelengkapan arsip, kesesuaian fisik arsip dengan daftar arsip serta penyusunan daftar arsip inaktif. Pengaturan fisik arsip dilakukan dengan kegiatan:1.Penataan Arsip Dalam Boks
Penataan arsip dalam boks terdiri atas:- Penataan arsip dikelompokkan berdasarkan media simpan dan sarana penyimpanannya;
- Menempatkan arsip pada boks dengan tetap mempertahankan penataan arsip ketika masih aktif (aturan asli) dan asal usul, serta menempatkan lembar tunjuk silang apabila diperlukan.
2.Penomoran Boks dan Pelabelan
- Membuat label boks dengan mencantumkan lokasi simpan, nomor boks dan nomor folder secara konsisten;
- Pemberian nomor boks dilakukan sesuai urutan nomor.
3.Pengaturan penempatan boks pada tempat penyimpanan.
b.Pengelolaan informasi arsip dan pengolahan informasi arsip menghasilkan daftar informasi tematik yang paling sedikit memuat judul, pencipta arsip, uraian hasil pengolahan dan kurun waktu. Pengolahan informasi arsip dilakukan untuk menyediakan bahan layanan informasi publik dan kepentingan internal lembaga, dengan cara mengidentifikasi dan menghubungkan keterkaitan arsip dalam satu keutuhan informasi berdasarkan arsip yang dikelola di unit kearsipan;
c.Penyusunan Daftar Arsip Inaktif
Penyusunan daftar arsip inaktif memuat informasi tentang:
- Pencipta Arsip
- Unit Pengolah
- Nomor Arsip
- Kode Klasifikasi
- Uraian informasi arsip/berkas
- Kurun Waktu
- Jumlah
- Tingkat perkembangan9.Keterangan (media arsip/kondisi)
- Nomor definitif folder dan boks
- Lokasi simpan (ruangan dan nomor rak)
- Jangka simpan dan nasib akhir m. kategori arsip
d. Membuat komponen UI: membangun komponen UI dasar yang dapat digunakan kembali, seperti tombol, input field, dan menu;
e. Menentukan gaya desain: menentukan gaya desain yang konsisten untuk semua produk dan platform;
f.Membuat panduan gaya: mendokumentasikan gaya desain dan cara penggunaannya dalam panduan gaya yang mudah diakses.
- Penyimpanan arsip inaktif dilakukan berdasarkan daftar arsip inaktif Penyimpanan arsip inaktif dilaksanakan dengan melakukan penataan boks arsip pada rak secara berurut berdasarkan nomor boks dan disusun berderet ke samping (vertikal) yang dimulai dari rak paling atas dan diatur dari posisi kiri menuju ke kanan.
- Jumlah Kebutuhan:6 Orang
- Program Studi:D3/D4/S1 Kearsipan/ Ilmu Perpustakaan/ Manajemen Rekod dan Arsip dan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
Bagian Pengadaan
- Mendukung dalam reviu dokumen persiapan pengadaan;
- Membantu dalam proses klarifikasi, verifikasi dan negosiasi kepada penyedia;
- Membuat berita acara dan dokumen pendukung lainnya pada setiap tahapan pengadaan barang/jasa;
- Mendokumentasikan seluruh proses dan hasil kerja pada setiap tahapan pengadaan barang/jasa.
- Jumlah Kebutuhan:2 Orang
- Program Studi:S1 Ekonomi/ Akutansi, Manajemen, Teknik, dan Hukum, serta jurusan lainnya yang memiliki mata kuliah ‘supply chain management’ (manajemen rantai pasok), procurement (pengadaan barang/jasa), purchasing (pembelian) dan/atau matakuliah sejenis lainnya.
TIMELINE TAHAPAN SELEKSI PROGRAM MAGANG
- Pengumuman Pendaftaran : 15 – 22 Juli 2024
- Pengumuman hasil seleksi administrasi : 26 Juli 2024
- Wawancara : 29 Juli – 2 Agustus 2024
- Pengumunan akhir : 8 Agustus 2024
- Pelaksanaan Program Magang : 16 Agustus – 16 Desember 2024
Tata Cara Pendaftaran :
Jika anda berminat , Silahkan klik tautan dibawah untuk mendaftar secara online :
PERHATIAN! melamar pekerjaan di lokerind.id tidak dipungut biaya apapun